Laporan Praktikum Sonometer

Abstrak: Gelombang transversal dalam pembelajaran fisika tidak mudah untuk digambarkan. Pada percobaan ini digunakan kawat sebagai penghantar energi untuk mengetahui gejala gelombang transversal. Dan besar cepat rambat dari gelombang transversal. Dengan mengetahui besar cepat rambat gelombang transversal, maka akan dapat ditentukan besar rapat massa kawat dan besar frekuensi gelombang beserta besarannya. Besar frekuensi pada gelombang transversal yang diperoleh menunjukkan gejala setengah gelombang.
Kata kunci: Gelombang Transversal, Cepat Rambat, Rapat Massa, Frekuensi

  • [accordion]
    • A. Pendahuluan
      • Pada bagian ini akan disajikan tentang latar belakang dan ringkasan praktikum sonometer.

        1. Motivasi

        Dengan melakukan percobaan ini akan diketahui gejala yang ditunjukkan sebuah gelombang. Dan dapat ditentukan apa jenis dari gelombang tersebut, sehingga dapat memakai formulasi yang tepat pada perolehan data percobaan. Nantinya akan diperoleh hasil percobaan berupa massa kawat, gaya tegang kawat, dan panjang kawat yang bergetar. Ketiga variabel tersebut harus formulasikan untuk mendapatkan besar cepat rambat gelombangnya. Setelah besar cepat rambat gelombang didapatkan, maka akan didapatkan besar frekuensi gelombang. Dalam percobaan ini dapat dikonklusikan bagaimana hubungan antara besar gaya tegang kawat dan besar panjang kawat yang bergetar. Tujuan lain dari percobaan ini ialah mengetahui fungsi dan pengaruh dari arus bolak-balik dan magnet U yang digunakan dalam praktikum.

        2. Ringkasan Percobaan

        Neraca pegas dalam percobaan ini dihubungkan dengan kawat pada set alat sonometer. Melalui kabel penghubung, set alat sonometer kemudian dihubungkan dengan arus listrik bolak balik, yang berasal dari power supply. Magnet U diletakkan kurang lebih di tengah antara hambatan geser dan ujung kawat yang menghasilkan gelombang. Saat set alat sonometer mulai dialiri arus listrik, rubah posisi hambatan geser sampai dihasilkan gelombang yang konstan atau stabil. Dengan memodifikasi tegangan kawat dengan neraca pegas, akan diperoleh variasi panjang gelombang yang berbeda.
    • Latar Belakang Teoritis
      • Gelombang didefinisikan sebagai getaran yang merambat melalui medium/perantara. Medium gelombang dapat berupa zat padat, cair, dan gas, misalnya tali, slinki, air, dan udara. Dalam perambatannya, gelombang membawa energi.

        1. Gelombang Transversal

        Pada gelombang yang merambat di atas permukaan air, air bergerak naik dan turun pada saat gelombang merambat, tetapi partikel air pada umumnya tidak bergerak maju bersama dengan gelombang. Gelombang seperti ini disebut gelombang transversal, karena arah getarannya tegak lurus terhadap arah perambatan gelombang. Gelombang pada tali dan gelombang cahaya merupakan contoh dari gelombang transversal. Pada gelombang transversal, satu panjang gelombang adalah satu bukit ditambah dengan satu lembah gelombang. Gelombang elektromagnetik termasuk jenis gelombang ini, karena medan listrik dan medan magnet berubah secara periodik dengan arah tegak lurus satu sama lain. Dan juga tegak lurus terhadap arah rambat. Cepat rambat gelombang berdiri dari suatu kawat/tali yang digetarkan adalah:

        2. 
    • Desain dan Prosedur Percobaan
      • Pada bagian ini akan disajikan tentang peralatan yang dibutuhkan, dan prosedur percobaan.

        1. Deskripsi Peralatan



        2. Deskripsi Prosedur Percobaan
    • Analisis
      • Pada bagian ini akan disajikan tentang; (1) metode analisis, (2) sajian dan pembahasan hasil percobaan, dan (3) saran perbaikan.
Nama

Another Shit Contoh Terlengkap Esai Esai Argumentatif Esai Bahasa Esai Deskriptif Esai Kimia Esai Kritik Esai Pendidikan Laprak Fisdas III Makalah Panduan Menulis Puisi Puisi Aku Puisi Alam Puisi Chairil Anwar Puisi Cinta Puisi Galau Puisi Harapan Puisi Kegagalan Puisi Kehidupan Puisi Kehilangan Puisi Kenangan Puisi Penantian Puisi Penyesalan Puisi Perjuangan Puisi Religi Puisi Romantis Puisi Sahabat
false
ltr
item
Celomes: Laporan Praktikum Sonometer
Laporan Praktikum Sonometer
Contoh Laporan Fisika Dasar III, Abstrak: Gelombang transversal dalam pembelajaran fisika tidak mudah untuk digambarkan. Pada percobaan ini digunakan kawat sebagai penghantar energi untuk mengetahui gejala gelombang transversal. Dan besar cepat rambat dari gelombang transversal. Dengan mengetahui besar cepat rambat gelombang transversal, maka akan dapat ditentukan besar rapat massa kawat dan besar frekuensi gelombang beserta besarannya. Besar frekuensi pada gelombang transversal yang diperoleh menunjukkan gejala setengah gelombang. Kata kunci: Gelombang Transversal, Cepat Rambat, Rapat Massa, Frekuensi
Celomes
https://celomes.blogspot.com/2018/02/laporan-praktikum-sonometer.html
https://celomes.blogspot.com/
https://celomes.blogspot.com/
https://celomes.blogspot.com/2018/02/laporan-praktikum-sonometer.html
true
8910899137644969624
UTF-8
Not found any posts Not found any related posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU Tag ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Contents See also related Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy